First Experience Menulis Blog

February 02, 2019
(editing by @andhika_putra_ap)

"Experience is the best teacher"

Pasti sudah tidak asing dengan kalimat diatas. Ya kan....Ya kan
Kalimat diatas biasanya tertulis di bagian bawah buku tulis si*u. Well...kalimat tersebut jika dipahami memiliki makna yang luar biasa. Kenapa pengalaman bisa menjadi guru terbaik? Pengalaman membuat orang belajar dari masa lalunya. Pengalaman yang baik ataupun buruk pasti memiliki hikmah dibalik kejadiannya. Namun, sayangnya masih ada saja orang yang tidak belajar dari pengalaman masa lalunya. Yahh...memang itulah sifat ,manusia.

Kembali ke judul, saya disini akan berbagi pengalaman pertama saya menulis blog. Pada postingan saya yang bejudul "Menjadi Blogger Itu Membosankan?" saya pernah mengatakan bahwa saya pernah vacum dari blog. Why? mungkin dulu karena niat saya untuk menulis blog masih salah. Niat saya dulu untuk menulis blog adalah ingin mendapatkan uang. Pasti ada yang tanya, lohhh....kenapa salah?kan itu juga usaha, dapat duit kan lumayan.

Yahhh...emang bener sih. Dengan menjadi blooger kita memang bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, sebenarnya itu bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri. Why? Pertama saya akan cerita dulu. Dulu menulis blog merupakan saran dari teman saya, dia menjelaskan bahwa kita akan bisa dapat uang dengan menjadi blogger.

Saya langsung tergiur ketika mendengan kata uang. yahhh...itu mungkin sudah sifat asli manusia ya. hehehehe.....Blog pertama saya dulu saya beri nama Terra Blora. Nggak usah repot-repot dicari, karena sudah dinonaktifkan..wkwkwkw.....Apa sih yang saya bahas di blog saya dulu? di blog saya yang dulu saya membahas tentang bitcoin. Mulai dari rentan harga jika dicairkan sampai dengan cara nambang bitcoin.

ketika pertama menulis di blog tentang bitcoin, saya merasa bersemangat, Itulah pertama kali, pasti sangat bersemangat, hehehe... Saya dan teman saya berusaha mengambangkan blog kami. Dimulai dengan menghias, mencari bahan materi untuk blog, dan lain sebagainya. Meskipun masih awal-awal, tapi itu berhasil membuat kami sangat antusias.

Namun, seiring berjalannya waktu, dan seiring kesibukan yang mulai bertambah saya mulai malas lagi untuk menulis. Memang sulit untuk menjaga niat, apalagi ditengah kesibukan yang mulai menyerang. Yahhh....mungkin memang karena niat pertama saja sudah salah, jadinya jika tujuannya susah tercapai jadi malas juga akhirnya. Kembali kemasalah niat, kenapa saya bilang kalau menjadi blogger dengan niat mendapatkan uang itu salah. Jawabannya karena itu bisa mempegaruhi tulisan kalian. Kalian akan terpacu dengan niat utama kalian, akibatnya tulisan kalian akan menjadi tidak maksimal.

Menjadi blogger bukan semata-mata karena uang. Tapi bisa juga sih blogger menjadi penghasilan utama kalian, asalkan kalian bisa konsisten dalam menulis dan itu tidak mempengaruhi tulisan kalian gengs....Belajar dari pengalaman saya dulu menulis blog, menjadi blogger adalah tetang kita berbagi kepada orang lain, maka dari itu untuk yang masih belum bisa konsisten dalam menulis jangan menjadikan uang sebagai niat utama.


What's The Point?

Menjadi blogger itu sebenarnya mudah, yang sulit itu adalah konsisten dalm menulis. Kenapa banyak teman-teman blogger yang vacum? Selain dari masalah waktu untuk menulis. Masalah lain adalah seperti yang saya katakan tadi, yaitu kekonsistenan untuk menulis.

Setiap orang pasti mempunyai pengalaman pertama. Pengalaman itulah yang menjadi pelajaran yang sangat berharga. Nah..gengs untuk menjadi blogger yakinkan diri dulu agar tetap bisa konsisten dalam menulis. Kumpulkan niatnya juga ya gengs....hehehe......

Niat adalah langkah awal, konsisten adalah tahap sekanjutnya, hasil akhirnya adalah keberhasilan. Namun, konsisten selalu beriringan dengan tantangan dan hambatan. Penyelesainnya tergantung dari langkah awal dan diri kita sendiri (Andhika Putra Agus Pratama).


Baca juga Menjadi Blogger Itu Membosankan?

No comments:

Powered by Blogger.