Menelusuri Universitas Dalam Dan Luar Negeri Bersama Indonesia Scholarship Festival

February 07, 2019
"Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina"

Sering kali kita mendengar istilah itu. Sebenarnya darimana sih kalimat itu? Hoppp....Lewat dulu ya sekarang yang akan saya bahas adalah mengenai tantang Indonesia Scholarship Festival atau ISF. Lalu apa hubungannya dengan kalimat itu? Okay, saya akan menjelaskan hubunganya. Maksud dari kalimat itu adalah tidak peduli seberapa jauh asalkan itu untuk menuntut ilmu, maka lakukan saja. Entah itu sampai keluar kota ataupun keluar negeri.

Sebelumnnya kalian sudah tahu atau belum apa sih ISF itu sendiri? Simak  baik-baik ya gengs...Indonesia Scholarship Festival (ISF) merupakan suatu kegiatan pengenalan tentang studi lanjut di luar negeri beserta beasiswa yang tersedia. Dalam festival ini akan dihadirkan berbagai kampus-kampus luar negeri dan juga beasiswa yang tersedia. Bebagai program juga ditawarkan dalam acara yang terbilang besar ini. 

What's the program? ada program Scholarship Seminar, IELTS, TOEFL, TOIC Workshop and Simulation, dan juga Campus Immersion Class.

Berawal dari ajakan teman saya untuk mengikuti acara ini. Sebenarnya saya tidak mau karena memang masih belum puas melepas rindu dengan keluarga di rumah. Namun, teman saya tidak berhenti sampai disitu, Hingga akhirnya saya mengiyakan ajakan teman saya. Kamipun mendaftar untuk mengikuti acara itu melalui website eventbrite.com

Ada yang membuat saya senang ketika mendaftar event tersebut, yaitu pendaftaran yang tidak dipungut biaya atau gratis hehehe.....Kami juga mendaftar untuk program IELTS, TOEFL, TOIC Workshop and Simulation

Tepat pada 5 Febuari 2019 pagi kami berangkat dari Randublatung menuju Yogyakarta dengan menggunakan kereta Blora Jaya. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 5 jam.

Keesokan harinya kami, kami mulai bersiap-siap, walaupun masih ada sisa-sisa capek karena kemarin. Kami bertekad untuk menghadiri event itu, walaupun sempat ketiduran sebelum berangakat hehehe.....Tibalah kami di depan Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, diluar dugaan saya ternyata untuk masuk kedalam Sportorium UMY harus mengantri, karena memang banyak pengunjungnya. 

Untuk Scholarship Seminar dan stan universitas dari luar negeri berlangsung di sportorium. Sementara itu  IELTS, TOEFL, TOIC Workshop and Simulation diadakan di gedung ibrahim UMY. Kami mendapat giliran IELTS, TOEFL, TOIC Workshop and Simulation sesi pertama, mulai dari jam 09.30-11.30 WIB. Banyak peserta yang mengikuti program ini, tak hanya dari Jogja saja, tetapi ada juga yang berasal dari luar Jogja, misalnya UNS dan UNDIP. Tekad mereka kuat-kuat kan gengs.....

Pada kegiatan workshop itu, kami diberikan penjelasan-penjelasan mengenai IELTS, TOEFL, TOIC mulai dari perbedaanya, macamnya, hingga tips-tips untuk belajar. Selain itu kami juga diberikan simulasi TOEFL dan TOEIC agar kami mendapat gambaran tentangnya Senang rasanya mendapat ilmu baru.

Setelah selesai workshop kami break untuk makan dulu, lapar gengs...karena memang belum sarapan demi mendapat ilmu baru, (SEMANGAT, SEMANGAT). Pada jam 14.00 WIB kami meluncur lagi ke sportorium untuk menjelajah universitas dari luar negeri.




A post shared by Andhika Putra AP (@andhika_putra_ap) on

Oh iya, just ngasih tau aja kalau yang pakai baju merah itu bukan saya hehehe......

sebelum masuk ke sportorium kami harus registrasi dengan menujukkan tiket yang sudah kami pesan. Sebagai bukti telah melakukan registrasi tangan kami di stampel dengan tulisan ISF.

Ternyata walaupun waktu sudah menunjukan jam 2 siang, masih banyak saja pengunjung. Salut pokonya dengan semangat mereka. Sportorium UMY dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian depan untuk seminar dan juga bagian belakang untuk stan universitas dari luar negeri. 

Stan pertama yang kami kunjungi berasal dari negara tetangga. Yaps..benar dari Malaysia Kami mengunjungi Malaya University. Kami bertanya-tanya tantang bagaimana cara agar bisa lanjut studi disini dan berapa estimasi biaya yang diperlukan. Yosh...benar saja ternyata kuliah di luar negeri memang mahal. 

Kami lanjut berkeliling mengunjungi stan lainya, Kali ini kami mengunjungi univesitas di negeri sakura yaitu Waseda University. By the way untuk kalian yang ingin kuliah di Jepang ternya juga harus mengikuti semacam pelatihan bahasa Jepang biar kalian tidak nyasar kalau di jepang, hehehe....bener juga ya kan semua penunjuk arah di Jepang kan pakai tulisan Jepang.

Kami juga mengunjungi universitas-univesitas lain, seperti Melbourne University, University Collage Dublin dan lain sebagainya. Tidak puas rasanaya kalau tidak ngobrol dengan orang dari luar negeri hehehe.....Sebagai penutup kami mampir ke stan Universitas dari Indonesia sendiri, yaitu Institut Pertanian Bogor. Sebagai informasi saja universitas dari Indonesia yang ikut berpartisipasi pada event ini antara lain: Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

"Tuntutlah Ilmu  Sampai Ke Negeri Cina"


4 comments:

Powered by Blogger.