Seberapa Pentingkah Masa Lalu?

February 22, 2019


Istilah masa lalu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Istilah yang membuat orang senang serta bersedih ini memiliki makna tersendiri bagi setiap orang. Masing orang memiliki kisahnya tesendiri dari masa lalunya. Namun, percayalah setiap waktu yang kita jalani maupun yang sudah terlewat memiliki hikmah dan pelajarannya.

Bebicara tentang masa lalu, ada sebuah paradoks yang dinamakan paradoks mesin waktu
Paradoks yang paling populer adalah Grandfther Paradoks. singkatnya, kamu melakukan perjalan waktu untuk membunuh kakekmu demi menyelamatkan peradaban manusia, karena kakekmu telah menghasilkan generasi yang menghancurkan peradapan manusia. Kamu membunuh kakekmu di masa ayah dan ibumu belum lahir atau sebelum kakekmu bertemu dengan nenekmu. Efeknya kamu tidak pernah dilahirkan karena ayah atau ibumu tidak dilahirkan, sehingga kamu tidak melakukan perjalanan waktu. Kemudian karena kamu tidak melakukan perjalan waktu maka kakekmu hidup, ayah atau ibumu dilahirkan dan kamu pun terlahir, lalu kamu melakukan perjalan waktu untuk membunuh kakekmu. Paradoks ini menciptakan Looping Timeline. Sebuah perputaran waktu yang tak berujung.


Apa Sih Masa Lalu Itu?

Menurut KBBI masa adalah waktu. Dari sini bisa dijelaskan bahwa masa lalu adalah waktu lampau atau yang telah berlalu. Aliran waktu yang bergerak maju ini membuat sebuah dimensi yang disebut masa lalu. Dimensi inilah yang berisi tentang kenangan akibat dari tindakan manusia selama menjadi bagaian dari aliran waktu tersebut.

Pada dasarnya masa lalu bukanlah milik siapa-siapa. Itu hanya sebuah premis yang populer dikalangan banyak orang. Manusia pada dasarnya tidaklah memiliki masa lalu, dia hanya subyek yang melewati aliran waktu tersebut. Kenangan yang terbentuk pada dimensi itu menurut sebagian orang adalah sesuatu yang memalukan. Hal itu menciptakan sebuah istilah "seandainya", istilah ini umumnya dipakai orang untuk menunjukan penyesalan dari tindakannya dimasa lalu.


Seberapa Pentingkah Masa Lalu?

Masa lalu dominan membetuk pribadi kita dimasa sekarang yang kemudian akan menetukan masa depan kita. Setiap masa yang dilalui memiliki pelajarannya masing-masing. Lukisan dalam masa lalu setiap orang tidak lepas dari orang lain yang juga memberikan kontribusi bagi kita, begitu pula sebaliknya keberadaan kita juga memberikan kontribusi bagi orang lain. Oleh karena itu berikan kontribusi yang terbaik agar terciptalah sesosok manusia yang pantas mendapatkan gelar baik pula.

Hargai setiap aliran waktu yang senantiasa bergerak maju selagi masih bisa merasakannya. Buatlah kesan yang baik. Jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, dan janganlah memanfaatkan kebaikan dari orang lain. Berdamailah dengan masa lalu, sebab karenanya sebuah pelajaran tentang kehidupan itu didapatkan.

Ketika Kamu Merasa Masa Lalumu Menyakitkan, Berdamailah Dengannya! Sebab Karenanya Pribadi Tangguhmu Kini Terbentuk Dan  Agar Dirimu Mendapatkan Sebuah Arti Tentang Pelajaran Hidup Yang Lebih Mendalam (Andhika Putra Agus Pratama).

No comments:

Powered by Blogger.