XIIANIDA SMARANSA Yang Colorfull

February 01, 2019


XIIANIDA..?
wahhh....racun tuhh, jangan coba-coba dehh....jaga jarak aja...
Eeeiiitsssss.....tunggu dulu...XIIANIDA yang satu ini aman kok, yang berbahaya dari XIIANIDA yang ini itu bila nanti kita sudah masuk tapi enggan untuk keluar. hehehe....lha kok bisa?
Bagaimana tidak? yang saya maksud ini adalah sebuah pameran karya anak twelve science two of SMARANSA (SMAN 1 Randublatung), yang mereka namai dengan XIIANIDA.

Ketika kita memasuki ruangan, kita langsung disuguhkan oleh sebuah pameran karya anak-anak twelve science two of SMARANSA. Namun, pandangan pertama yang dituju oleh pengunjung bukanlah langsung pada pameran, melainkan pada photo booth dengan frame instagram dari akun official XIIANIDA.

Poto booth yang dibuat sedemikian rupa dengan memadukan gradasi warna dan lighting yang menurut saya sudah pas, walaupun terkadang cahaya dalam ruangan yang minim. Kesederhanaan dari poto booth yang ditampilkan cukup membuat pengunjung tertarik. Lighting yang digunakan selain dari lampu utama, ada juga dari rak-rak disebelah kiri poto booth yang menggunakan lampu hias dari stik es krim, batok kelapa, dan juga bambu.

(poto booth)

(lampu hias)

Yang namanya pameran tak afdol jika tidak ada sesuatu untuk dipamerkan. Secara umum pameran ini memajang karya seni lukis, tetapi juga ada miniatur transportasi lama yang membuat saya ingin memainkannya. Minatur tersebut adalah miniatur becak. Memang saya ketika melihat mainan ada hawa-hawa yang membuat saya ingin memainkannya. Hehehe....masih kayak anak kecil ya..!

Tak hanya miniatur becak yang disediakan. Disana juga ada boneka teddy bear berukuran besar. Ya...Walaupun saya tidak tahu apa kegunaannya,wkwkw.... tapi banyak pengunjujung yang suka berfoto dengan boneka itu. 


(miniatur)


Tak habis disitu, selanjutnya perhatian saya langsung tertuju pada sepeda tua yang telah dicat sedemikian rupa agar terlihat kekinian dan colorfull. Sepada tersebut mengingatkan saya pada sepeda kakek saya, sebuah sepeda yang menurut saya sepeda perjuangan. Why? yah... , mungkin karena dulu jarang yang memiliki sepeda motor, apalagi ditambah dengan perjuangan mengayuh sepeda untuk sampai ketujuan yang jaraknya bisa sampai puluhan kilometer.

(sepeda perjuangan)

Tema colorful tak hanya sampai disitu, hal lainnya yang membuatnya colorfull adalah pada kain pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Kain yang digunakan merupakan kain yang hasil karya anak pramuka SMARANSA.
Yahhh....saya lupa namanya kain untuk pembatasnya, hehehe,,,,ma'afkeun ::

(kain pembatas)


What Is My Opinion?

Panyelenggaraan pameran yang merupakan tugas dari seorang guru seni budaya SMAN 1 Randublatung dapat melatih kreativitas dan kerjasama tim. Tak hanya itu, meraka juga dilatih untuk dapat memanage waktu mulai dari menyiapkan pameran hingga pameran itu selesai (1 minggu untuk setiap kelas). 

Secara keseluruhan pameran karya XIIANIDA memberikan kesan yang cukup menarik. Apalagi ada beberapa hal yang tidak saya sebutkan diatas seperti adanya game. Namun, pada sisi pencahayaan dalam ruangan terkadang memang agak kurang, backsound musik untuk pameran yang juga perlu dimaksimalkan lagi, dan juga kondisi ruangan yang menurut saya sempit. Meskipun demikian teman-teman XIIANIDA dapat meminimalisir semua kekurangan itu. 

Nah...gengs, itu tadi adalah tentang pameran seni by teman-teman XIIANIDA SMARANSA.

Seni Adalah Ketika Kita Berkarya dan Orang Bisa Menikmatinya, Intinya Membuat Sesuatu yang Tiada Batasnya (Agus Suyono: Pemahat Kayu Asal Randublatung).

No comments:

Powered by Blogger.