| GUGUR GUNUNG | Membangun Masjid SMARANSA

February 15, 2019
Now and Then

Ayo kanca ayo kanca ngayahi karyane praja 
Kene-kene-kene-kene gugur gunung tandang gawe 
Sayuk-sayuk rukun bebarengan ro kancane 
Lila lan legawa kanggo mulya ning Negara 
Siji loro telu papat maju papat-papat 
Diulang-ulung ake mesthi enggal rampunge 
Holobis kontul baris holobis kontul baris 
Holobis Kontul baris holobis kontul baris 

Well gengs...itu tadi adalah tembang (lagu) gugur gunung yang merupakan tembang dolanan gagrag anyar (baru). Jadi teringat masa SD dulu, kami diajarkan untuk menembang atau menyanyikan tembang ini. Then..kalian pasti penasaran dengan arti dan makna dari tembang ini, lalu apa hubungannya dengan yang akan saya bahas. 

Pertama saya akan membahas artinya dari masing-masing larik tersebut. Just info, untuk mengartikannya, saya minta bantuan dengan teman saya yang benar-benar paham.

(Marilah kawan mengerjakan tugas negara)
(Kemarilah bahu-membahu untuk bekerja)
(Menyatu, rukun bersama-sama dengan kawan)
(Bekerja dengan ikhlas untuk kejayaan negara)
(Satu dua tiga empat – aba-aba – maju empat-empat)
(Dilakukan secara estafet agar – pekerjaan – segera selesai)
(aba-aba)
(aba-aba)

Menurut Darmaningtyas gugur gunung adalah melakukan tugas bersama demi kepentingan bangsa (publik) pula. Dalam konteks ini gugur merupakan suatu tindakan kerjasama untuk memperoleh hasil yang terbaik bagi publik.

Dari pernyataan telah dapat memberikan gambaran tentang hubungan antara gugur gunung dengan apa yang saya bahas. Pada Sabtu, 2 Februari 2019 siswa-siswi, staf dan dewan guru bersama-sama bergotong royong dengan para pekerja untuk menyukseskan pembangunan masjid baru SMA N 1 Randublatung. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB.

Gugur gunung membangun masjid
Dengan keikhlasan hati dan berbekal QS. At-Taubah:18 yang artinya

"Hanya yang memakmurkan masji-masjid Allah ialah yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan petunjuk"

Serta oleh hadist yang diriwayatkan oleh HR. Bukhori, 450 dan Muslim, 533 dari Utsman Radiallahu'anhu bahwasannya Nabi Sallallahu'alaihi Wa Sallam bersabda

"Siapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga"

Pembangunan masjid yang memerlukan dana sebesar kurang lebih Rp 1.024.880.000 ini digancarkan karena memang masjid SMA N 1 RandublatungSMARANSA yang lama memiliki luas yang kurang untuk dapat menampung warga sekolahnya ketika waktu shalat dhuhur telah tiba, sehingga harus dibuat hingga 3 sesi untuk pelaksanaan shalat dhuhur, ditambah lagi dengan keadaan atap masjid yang telah mengalami kebocoran.

Masjid SMA N 1 Randublatung (Now)
Masing-masing dari mereka memiliki tugas pada kegiatan gugur gunung itu. Para siswi, staf, dan guru perempuan bertugas untuk menyiapakan konsumsi seperti minuman dan makanan. Sedangkan untuk para siswa, staf, dan dewan guru laki-laki ikut membantu mengecor bagian atap masjid secara estafet.

Dengan begitu antusias dan bersemangat mereka mengikuti kegiatan ini. Disamping sebagai amal jariyah, kegiatan ini juga dapat menambah keakraban dan kerjasama antar warga SMA N 1 Randublatung.

Penyiapan konsumsi

Estafet mengecor atap
Keberadaan masjid ini sangat penting bagi kegiatan keagaam di sekolah ini seperti BTA, shalat, dll. Harapannya kegiatan ini memperoleh dukungan dari bebagai pihak serta diberi kemudahan dan kelancaraan, sehingga pengerjaan masjid SMA N 1 Randublatung ini bisa cepat rampung.


Masjid SMA N 1 Randublatung (Then)


"Maka barang siapa yang melakukan kebaikan seberat biji zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya (QS. Al-Zalzalah:7)."

No comments:

Powered by Blogger.