Menjadi Blogger itu Membosankan?

January 05, 2019

Seorang dosen pernah berkata pada saya bahwa menulis sebagai media penyampaian informasi.
Tapi menurut saya menulis itu adalah kebebasan, karena dalam menulis saya merasa bebaas, bebas menentukan alur tulisan, bebas menentukan tokoh, bebas menentukan cerita, dan bebas menentukan refleksi diri kita.

Saya menemukan kebebasan itu ketika saya duduk di bangku SMA. Kala itu kami mendapat tugas untuk membuat sebuat short movie. Saya adalah orang yang menulis skript untuk tugas itu. Ketika malam saya memulai untuk menulis skript ditemani dengan heningnya malam saat rintik-rintik hujan. Saat itu juga saya merasakan seperti bebas mamainkan cerita kehidupan.

Pengalaman saya menjadi blogger adalah ketika seorang teman mengajak saya untuk membuat blog. Sayangnya kegiatan tersebut vacum.


Menjadi Blogger itu Membosankan?





Menulis itu membosankan..!😒Aku tidak bisa menulis...😩Tidak ada waktu untuk menulis....!Aku lelah...!😪Tulisanku jelak 😔 dll. kebanyakan orang berkata seperti itu. 

Walaupun saya pernah vacum dari dunia blogger, tak lantas itu membuat saya menyimpulkan bahwa menjadi blogger itu membosankan. Kenapa saya berani bilang begitu? Sesuai yang saya katakan tadi bahwa menulis itu kebebasan.

Ketika menulis, saya bisa menjadi apa saja yang saya inginkan. Misalnya saya bisa menjadi pahlawan di cerita saya, saya bisa merefleksikan diri menjadi siapa saja tanpa ada yang protes.

Alasan kenapa orang berkata menulis itu membosankan adalah karena mereka belum menemukan kebebasan dalam menulis.mereka masih mengartikan bahwa menulis harus dengan buku. Namun, pada dasarnya di era digital ini, kegiatan menulis dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Menulis juga tidak harus seperti membuat buku. Karangan bebas, seperti mengarang cerita, membuat skript film, buku harian, menjadi blogger semua itu dapat dikategorikan sebagai menulis. Sebenarnya menulis itu tidak membosankan jika kita menjadikannnya sebagai refresing.

Pada dasarnya apabila menjadi blogger itu membosankan, lantas kenapa bisa ada banyak blogger diluar sana yang sukses. 

Kak, saya ingin jadi blogger, apakah saya bisa? Pasti bisa, asalkan ada niatan, karena semua itu tergantung niat. Ya kan...😉
Tapi saya tidak ada laptop, gimanna dong? Ayolah mbak, mas, sis, guys, gengs kita ini ada di era digital, di era internet, bahkan sekarang sudah masuk industri 4.0. Jika belum puunya laptop, masih bisa pakai HP android,  buka browser kunjungi situs blogspot.com langsung bisa membuat blog sendiri. Untuk urusan laptop bisa disusulkan kemudian asalkan ada niatan yang kuat dan tetap bersungguh-sungguh.

Ada banyak hal yang bisa didapatkan ketikan menjadi blogger diantaranya:


1. Dapat melatih keterampilan menulis

Dengan menjadi blogger seseorang akan dituntut untuk dapat bebagi informasi dan pengalaman kepada para pembaca. Pembaca yang terdiri dari banyak golongan akan memaksa seorang blogger menulis sedemmikian rupa agar para pembaca dapat mengerti dengan apa yang ditulisnya, sehingga proses penyaluran informasi dapat berjalan dengan lancar. Dengan demikian,  seorang blogger akan mempunyai keterampilan dalam menulis dan menghadapi tipe-tipe pembaca.


2. Mendapatkan hadiah

Hadiah bisa didapatkan apabila tulisan di blog menjadi tulisan terfavorit atauupun dengan mengikuti kompetisi yang ada. Momen seperti inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh para blogger. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat kita menjadi lengah, jadikanlah hal tersebut sebagai pemacu semangat pada diri kita.


3. Mendapatkan penghasilan

Menjadi blogger juga bisa mneghasilkan uang juga. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan memasang iklan adsense di blog. Dengan adanya iklan ini, memungkinkan seorang blogger mendapatkan penghasilan. Ketika ada pengunjug yang tertarik dengan ikalan yang ada di blog kita mereka akan langsung meng-klik iklan tersebur, dengan otomatis klik tersebutlah yang menghasilkan uang untuk para blogger.


4. Komunitas dan teman baru

Banyak komunitas yang terdiri dari para blogger, ketika kita bergabung dengan komunitas ini akan ada banyak hal yang bisa didapatkan, salah satunya teman baru. Dengan adanya teman baru akan dapat membuat seorang blogger mempunyai pandangan yang luas. Di komunitas seperti ini para blogger juga melakukan sharing-sharing sehingga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk tulisannya kedepannya.


Ketika Rasa Bosan Itu Menyerang

Rasa jenuh dan bosan pastilah datang kepada siapa saja, baik itu penulis professional, penulis pemula, blogger professional, blogger pemula pasti pernah mengalaminya. Yang membedakan adalah bagi mereka yang professional, mereka telah menemukan cara untuk menghilangkan rasa bosan itu.

Bagi yang baru memulai sebagai blogger, salah satu cara agar tidak bosan saat menulis adalah dengan menjadikan kegiatan menulias itu sebagai refresing. Temukan kebebasan dalam menulis lalu jadikan itu sebagai refresing dari semua masalah-masalah yang ada.

Temukan refleksi diri saat menulis, dengan menemukan refleksi diri saat menulis maka dengan mudahnya rasa bosan itu akan hilang. Tak hanya itu, refleksi diri saat menulis dapat juga memberi inspirasi kita. merefleksikan diri juga memberikan pengetahuan baru, karena dengan hal tersebut mindset dari penulis akan berubah sementara dan memaksa penulis untuk mencari informasi yang lebih sehinngga pengetahuan juga bertambah.

Selain itu, dengan menemukan temen yang se-passion dapat mengurangi rasa bosan dan menambah semangat dalam menjadi blogger. Tak hanya itu kita dapat sharing-sharing dan bertukar pikiran, saling memberi masukan, kritik dan saran.

Blogger juga membutuhkan refresing, jadi ketika rasa bosan, rasa penat muncul, itu adalah waktu untuk merefresingkan diri. Pergi jalan-jalan keluar biarkan angin menghempaskan rasa bosan dan rasa penat itu, biarkan suara kehidupan menumbuhkan inspirasi, memberikan ilham, dan meningkatakn semangat.


Merefleksikan Diri

Pertama, apa yang dimaksud merefleksikan diri?
merefleksikan diri adalah membuat diri kita sesuai dengan tema yang akan kita tulis, dengan demikian dapat memberikan pengaruh yang besar dalam menulis.

Seperti yang saya katakan diatas tadi, refleksi diri akan mengubah mindset penulis selama proses penulisan. Penulis akan dengan bebas menuangkan segala ide dan gagasan sesuai dengan refleksi diri penulis

Kedua, merefleksikan diri juga merupakan suatu ajang agar kita dapat memperoleh kebebasan dalam menulis, sehingga hakikat dalam dapat mengurangi rasa bosan.

Lalu bagaimana cara merefleksikan diri?
Untuk menentukan refleksi diri, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan tema. Tema yang akan menjadi inti dari tulisan akan merangsang otak untuk memliki pola pikir yang sesuai.
Gambaran sederhananya adalah ketika pennulis ingin menulis dengan tema masakan atau makanan, maka otak akan secara otomatis beranggapan bahwa penulis merupakan seorang chef atau kritikus makanan. Dengan adanya hal ini mindset dari penulis juga berubah sehingga hal ini akan memaksa penulis untuk mencari informasi yang tepat untuk tema ini.

Dalam masa merfleksikan diri, penulis akan memperoleh kebebasan dalam menulias, sehingga tulisannya akan terstruktur secara sistemik. Tulisan yang terstruktur secara sistemik ini akan membuat pembaca lebih mudah memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Dengan demikian proses penyampaian informasi akan berjalan dengan lancar. Tak hanya itu tulisan hasil dari refleksi diri penulis juga akan membuat pembaca lebih tertarik.


Menghias Blog

Menghias blog adalah suatu kegiatan agar blog yang kita punya mempunyai tampilan yang menarik.
Tidak hanya tulisan yang menarik, seorang blogger juga dituntut untuk mempunyai jiwa desain baik.

Tak hanya tulisan yang bagus, hal yang dapat membuat pembaca tertarik kepada blog kita adalah dengan menghias blog yang kita punya semenarikk mungkin. Menghias blog juga dapat menjadi kegiatan yang apat dilakukan seorang blogger ketika merasa bosan, penat, atau tidak mempunyai inspirasi untuk tulisannnya.

Penataan ruang untuk blog juga tidak boleh sembarang yang nantinya akan membuat blog terkesan terlalu ramai dan berantakan.


What,s The Point?

Menjadi seorang blogger tidaklah sesualit dan semembosankan yang orang kira. Memang seorang blogger haruslah menulis, disamping itu semua seorang blogger juga dituntut untuk bisa menguasai desain agar blog yang dimilikinya tampil menarik.

Berdasar penjelasan saya tentang apa yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang blogger diatas tadi, itu hanyalah beberapa point yang menurut saya sangat menarik. Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan menjadi seorang blogger.

Dengan menjadi seorang blogger, kita bisa mendapatkan ilmu baru. Kenapa demikian? karena seorang blogger memiliki peranan penting untuk menyampaikan informasi melalui tulisan-tulisannya. Dengan demikian mereka dituntut untuk dapat menyaring informasi yang didapat, agar para pembacanya dapat memahami dengan mudah.

Semua orang bisa menulis tapi tidak banyak orang yang mau mengembangkan tulisannya. Rasa bosan dan rasa penat memang akan selalu datang menghampiri. Namun, semua itu pasti ada penawarnya.

Menjadi seorang blogger memang harus bertahap tidak bisa tidak. Menjadi seorang blogger yang sukses tidak ada jaln pintasnya. Semua butuh proses, prosesnya juga tidak singkat. Menikmati prosesnya adah hal yang dapat dilakukan ketika memulai menjadi blogger daripada terus-menerus mengeluh.


"MENULIS ADALAH KEBEBASAN"

2 comments:

  1. Mantabbb bro, smg rajin terus menulisnya yah, lanjutkannn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. . doanya mas :)
      baru merintis menjadi blogger :)

      Delete

Powered by Blogger.