5 Buah Legend

January 10, 2019

Selamat pagi, siang, malam para fruiters. Untuk poostingan kali ini saya akan membahas tentang buah. Sebelumnya saya mohon ma'af jika yang saya bahas tidak semua buah, tapi hanya 5 buah yang saya suka saja.

First saya akan flashback dulu kemasa sekolah TK. Pada masa TK murid-murid diajarkan tentang makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang disebut sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna itu, antara lain: nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan ditambah susu sebagai penyempurnanya. Namun, kini istilah 4 sehat 5 sempurna sudah jarang lagi digunakan, atau bahkan telah diganti dengan makanan begizi seimbang. Makanan bergizi seimbang pada dasarnya sama dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, hanya saja penyebutan atau istilahnya saja yang diganti.

Kembali lagi ketopik pembicaraan, yaitu tentang buah yang menjadi favorit saya. Dalam 5 buah favorit saya, terdapat satu buah yang jarang dikonsumsi tapi tetap menjadi favorit. Untuk lebih jelasnya 5 buah yang menjadi favorit adalahhhhh......jeng jeng jeng jeng.....


1. Manggis



Buah manggis dijuluki sebagai quen of fruit atau ratu buah bukan tanpa alasan. Alasan dari penyebutan itu karena buah manggis memili kandungan gizi yang melebihi buah lainnya, bahkan juga memberi khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Seperti yang saya katakan diatas, diantara 5 buah yang menjadi favorit saya buah inilah yang jarang saya konsumsi. Buah yang satu ini sulit saya jumpai didaerah saya dan juga harganya yang mahal, bahkan ketika musimnya tiba buah ini harganya tetap saja mahal.

Kali pertama saya makan manggis adalah ketika saya masih kecil, katakanlah sebelum masuk TK di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Kali pertama mencobanya, saya langsung menyukainya dikarenakan rasanya yang manis dan buahnya terasa segar saat dimakan. Semenjak itulah manggis menjadi buah favorit saya.


2. Mangga



Buah yang satu ini memiliki  banyak penggemar, disamping karena baunya yang harum, juga memiliki rasa yang manis. Buah yang satu ini mudah dijumpai, karena banyak yang memiliki pohon mangga didepan rumahnya.

Berbicara tentang mangga, mangga memiliki banyak jenis salah satunya mangga manalagi, mangga apel, mangga madu, mangga gadung, dan masih banyak lainnya. Namun, mangga yang menjadi favorit saya adalah mangga gadung.

Menurut saya mangga gadung memiliki rasa yang paling enak karena kandungan serat yang ada didaging buahnya tidak terlalu banyak sehingga tidak ada yang tersangkut di gigi. Mangga gadung juga memiliki rasa mangga yang khas, rasa manis yang sesuai, dan aroma dari mangga ini juga sangat menggiurkan.


3. Jeruk



Buah yang satu ini juga memilik banyak peminat. Disamping rasanya yang menyegarkan, harga dari buah ini juga pas dikantong. Jeruk juga memiliki banyak jenis, diantaranya jeruk peras, jeruk pontianak, jeruk bali, jeruk lemon, dan masih banyak lainnya.

Dari semua jeruk yang yang saya sebutkan tadi, saya hanya menyukai jeruk yang rasanya tidak terlalu masnis tapi juga masam aneh kan...hehehe. iya memang bagitulah saya. Alasan kenapa saya tidak menyukai jeruk yang rasanya manis karena menurut saya jeruk lebih cocok bila rasanya tidak terlalu manis tapi juga tidak melupakan rasa masamnya.

Jadi, jika ada jeruk entah dirumah ataupun dimana tempatnya, sebelum memakannya, saya pasti bertanya apakah rasanya masam atau tidak.


4. Pepaya



Buah pepaya merupakan buah yang sering kita jumpai, itu dikarenakan buah pepaya tidak bergantung pada musim seperti halnya buah manggis dan buah mangga. Tak hanya enak buah pepaya juga merupakan buah yang rendah kalori dan memiliki vitamin dan mineral yang banyak. Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat diantaranya memperlancar pencernaan karena memiliki enzim papain yang membuat protein mudah dicerna, buah pepaya juga baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A, dan masih banyak lagi manfaat dari buah pepaya.

Buah yang satu ini sepertinya cocok untuk orang yang berniat diet, karena memiliki kalori yang sedikit. Jadi untuk kalian-kalian yang ingin diet bisa dicoba untuk makan pepaya.

Selamat berdiet bagi kalian yang melaksanakannya...!


5. Nanas


Buah nanas memiliki kesegaran tersendiri bagi penyukanya. Disamping rasanya yang asam manis juga memili kesegaran tersendiri. Meskipun sebelum memakannya memang harus bersusah-susah dahulu besenang-senang kemudian. Kenapa saya bilang begitu? Karena jika proses pengupasan yang kurang bersih dapat menyebabkan gatal-gatal di lidah. Gatal-gatal tersebut merupakan penyebab dari asam oksalat yang dikandungnya.

Namun, walaupun harus bersusah-susah dahulu, buah yang satu ini memang cukup menggiurkan. Rasa dari nanas yang asam manis cocok untuk lidah saya. 

Nah, fruiters itu tadi adalah 5 buah favorit saya. Bagaimana dengan kalian?

No comments:

Powered by Blogger.