Kalian Yang Mana?

January 12, 2019

Kepribadian merupakan sifat yang melekat pada diri pribadi manusia, dan tidak dapat dipisahkan lagi. Umumnya kepribadian individu terbentuk berdasarkan lingkungan, baik itu lingkungan masyarakat, keluaraga, sekolah, maupun pergaulan tiap invidu.

Lalu apa kepribadian itu sendiri? secara umum kepribadian adalah pola perilaku manusia yang dilandaskan berdasarkan sifat. Banyak ahli yang mendifinisikan kepribadian itu sendiri salah satunya menurut Roucek dan Warren kepribadian adalah organisasi beberapa faktor sosiologis, psikologis, dan biologis berdasarkan perilaku individu.

Pada umumnya kepribadian dibagi menjadi 4. Seperti dilansir oleh Ibnudin.net menyatakan bahwa jauh sebelum Masehi, seorang tokoh ahli filsuf dari Yunani sekaligus seorang tabib bernama Hippocrates mengemukakan sebuah teori kepribadian manusia yang mengatakan bahwa pada dasarnya setiap manusia memiliki empat tipe tempramen.

Hippocrates mengatakan keempat tipe kepribadian manusia itu akibat dari empat macam cairan yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Keempat macam cairan tersebut adalah sifat kering terdapat dalam chole  (empedu kuning), sifat basah terdapat dalam melanchole (empedu hitam), kemudian sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir) dan sifat panas dalam sanguis (darah).

Nah, mulai penasaran kan kalian masuk tipe yang mana....Simak yuk uraiannya...!


1. Koleris (Si Kuat)


Orang koleris memiliki kemauan yang keras dalam mencapai sesuatu, memiliki semangat hidup yang tinggi, pejuang, dan optimis. Tak hanya itu, koleris juga mudah marah, suka mengatur, merasa jadi penguasa, pendendam dan serius. 

Tipe koleris ini merupakan tipe pemimpin. Dapat dilihat dari kepribadiannya yang optimis, suka mengatur, bergairah yang menjadikan tipe ini menonjol ketika berada dalam suatu kelompok. Orang berkepribadian koleris suka menjadi pusat perhatian, suka tantangan dan petualangan, gigih, serta pantang menyerah.

Sisi negatif dari koleris sendiri yaitu: tidak sabaran, pemarah, ceroboh, sulit mengakui kesalahan dan meminta ma'af serta tidak terlalu membutuhkan teman. Nahh...gimana gengs apa kalian termasuk tipe ini?wkwkw....


2. Sanguinis (Si Populer)


Sanguinis adalah tipe orang yang eksis dan suka menjadi sorot perhatian. Orang berkepribadian sanguinis memiliki ciri sangat terbuka, optimis, pelupa, mudah bersosial, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan ingin digemari orang lain.

Tipe koleris suka bersenang-senang, dan memiliki penguasaan komunikai yang baik, serta suka menjadi pusat perhatian. Tak hanya itu, Sanguinis juga memiliki selera yang baik sehingga dapat menghidupkan suasana, ramah, suka mema'afkan, dan tidak pendendam. Baik banget ya, gengs...!

Dibalik sifatnya yang suka mema'afkan sanguinis juga memiliki sisi negatif, yaitu: labil, boros, pendengar yang buruk, dan suka membesar-besarkan kejadian. Kayaknya aku masuk tipe ini deh...hehe...soalnya aku pelupa...wkwkw.


3. Melankois (Si Perfectionis atau Si Sempurna)


Melankois adalah tipe orang yang memiliki tempramen menganggap sesuatu itu penting, romantis, memiliki rasa empati yang tinggi. Si Melankois juga kadang mudah kecewa, memiliki daya juang yang kecil, dan pesimistis.

Tipe ini memiliki ciri antara lain tenang, setia, rapi, teliti, pemurung, mudah putus asa, penyayang, tekun, dan disiplin. Melankois merupakan tipe pemikir sebelum memutuskan, mempunyai bakat tapi tidak mengetahui apa bakatnya, rela berkorban, dan pendengar yang baik.

Walaupun melankois adalah si sempurna, melankois juga memiliki sisi negatif yaitu: mudah tertekan, kurang bermasyarakat, memiliki sifat pendendan dan sensitif. Jadi, apakah kalian termasuk yang ini gengs...bisa direnungkan dulu kok, hehehe....


4. Plegmatis (Si Pecinta Damai)


Plegmatis merupakan tipe orang yang menghindari masalah, santai, dan nggak mau ambil pusing. Orang tipe ini juga sabar dan setia serta karena kesantaiannya tipe ini tidak mau buru-buru ambil keputuan, semuanya dipikirakan dengan bijak.

Plegmatis memiliki ciri antara lain  tidak banyak tingkah, tertutup, pendiam, sensitif, dan tenang atau tidak mudah emosi. Plegmantis juga merupakan orang yang humoris, mudah bergaul, pendengar yang baik, dan bijaksana.

Dibailik kesantaian seorang plagmatis, ada juga sisi negatifnya yaitu: cenderung egois dan pelit, pemalas atau suka menunda pekerjaan, kurang berorientasi terhadap target, serta selalu berada di zona aman. Mungkin pencipta lagu selow itu orangnya plagmatis ya...hehehe...

Nah, kalian yang mana gengs?

No comments:

Powered by Blogger.